Sahabat

Ternyata sudah hampir satu bulan saya tidak menulis apapun untuk blog ini. Saya ingat-ingat, sepertinya saya tidak sibuk-sibuk amat kecuali sempat ke Bandung selama tiga hari. Entah mengapa saya tidak sempat menulis.

Kali ini saja, saya sebenarnya belum punya ide ingin menulis apa. Sepanjang pagi sampai siang hari, di sela-sela pekerjaan, saya mencari ide namun belum juga menemukan yang pas. Tapi saya harus memaksa diri saya sendiri untuk menulis, untuk menjaga fitrah saya tidak boleh berhenti menulis, untuk memastikan saya selalu rutin menuangkan ide-ide saya.

Akhirnya baru saja saya mendapatkan ide menuliskan sesuatu tentang sahabat, dipicu sebuah chat yang dikirim oleh seorang sahabat. Saya langsung menghentikan pekerjaan saya di kantor -sebenarnya mumpung agak nganggur juga- dan membuka laman blog untuk menulis.

Saya ingin menulis yang ringan-ringan saja, tentang apa definisi seorang sahabat. Dari KBBI, kutipan orang, hingga definisi yang keluar dari kepala saya, berikut ini adalah definisi seorang sahabat. Saya mencoba menuliskan seluruh sumber dari definisi ini. Apabila tidak ada sumbernya, definisi itu berarti keluar dari kepala saya.

Definisi Sahabat

Kawan, teman, handai (KBBI)

Orang yang mau mendengarkan semua cerita kita.

Orang yang selalu ada ketika kita butuhkan.

Orang ketiga dalam kehidupan manusia, selain orang tua dan saudara, sebab sahabat adalah orang yang sangat dekat dengan kita, layaknya seorang saudara atau bahkan lebih. (http://www.dorar.info/2014/05/arti-sahabat-sahabat-artinya-adalah.html)

Sahabat adalah orang yang menyayangi kita, orang yang bisa memahami kita, orang yang senantiasa hadir saat kita membutuhkan, mau berbagi, orang yang mau mendengar keluh kesah kita, orang yang mau bersahabat dengan kita apa adanya, yang mendekat saat seluruh dunia menjauh.
(http://eskukopi.blogspot.co.id/2012/11/apa-sih-sahabat-itu.html)

Orang yang siap membantu kita kapan saja.

Orang yang bisa memberikan saran baik pada kita.

Sahabat adalah keperluan jiwa yang mesti dipenuhi. Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau suburkan dengan penuh rasa terima kasih. Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu. Kerana kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa memerlukan kedamaian.
(https://friendsluck.wordpress.com/arti-sahabat/)

Orang yang kenal diri kita sejak lama.

Teman yang benar-benar dekat sampai tahu hal-hal kecil tentang kita. (https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=200376490060180&id=127927310638432)

Sahabat itu bagai embun pagi tatkala matahari akan menyinari bumi ini. Merasakan ketika kebahagiaan datang menghampirinya, saya juga akan loncat kegirangan. Ketika dia bersedih dan luka, saya mampu mengeluarkan air mata dan merasakan bahwa betapa saya tidak ingin ia tersakiti. Merasakan ‘kehangatan’ dan kenyamanan ketika bersama saling berbagi cerita. Merasakan bahwa di setiap langkah ia ada dalam ingatan dan selalu ingin menyenangkan hatinya di mana pun ia berada. (http://artisebuahsahabat123.blogspot.co.id/2013/05/arti-sahabat-sejati-yang-sesungguhnya.html)

Tentu masih banyak definisi lain dari sahabat. Kata Nidji di lagunya, sahabat itu: https://www.youtube.com/watch?v=MoSrT0JbcZQ

Sedangkan menurut Sheila on 7: https://www.youtube.com/watch?v=QSCc16k3nUQ

Audy pun membuat lagu untuk sahabat: https://www.youtube.com/watch?v=T58-dSJRndw

Apa Definisi Anda?

Bagaimana menurut Anda, apa definisi sahabat menurut Anda?

Kalau saya memosisikan diri sebagai sahabat, saya adalah tipe yang akan mendengar apa saja yang sahabat saya curhat-kan. Meskipun kadang saya tidak menanggapinya karena tidak paham maksudnya atau tidak bisa memberi solusi, saya akan mendengarkan dengan seksama; karena orang seringkali hanya butuh pendengar untuk dia bisa nyerocos melepaskan segala uneg-uneg, kemudian kembali bebas, ceria, dan melanjutkan kehidupan secara positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *