Uncategorized

Politigeek Podcast: Politik Internasional untuk Awam

Bersama seorang teman eks kuliah S1, saya meluncurkan sebuah kanal podcast seputar politik internasional dalam bahasa awam di Spotify yang kami beri nama Politigeek. Menjadi ajang mengisi waktu work from home, podcast ini sekaligus mengenang dan mengingat bahasan kami seputar dunia hubungan internasional saat kuliah.

Supaya tidak ngawur dan ngalor-ngidul bahasannya, dalam setiap podcast kami, maka pembicara akan memenuhi setidaknya dua kriteria. Pertama, narasumber mengalami first-hand experience dalam dunia hubungan / politik internasional. Pengalaman tadi dapat berupa pernah mengunjungi, bersekolah, atau tinggal di luar Indonesia. Narasumber Politigeek pun harus memiliki keahlian atau pekerjaan terkait dengan hubungan / politik internasional (misalnya: diplomat, duta budaya, researcher, atau dosen). Kriteria ketiga selanjutnya yakni narasumber tersebut haruslah ahli dalam bidang yang ia akan bicarakan; simple-nya harus memiliki setidaknya 10 (sepuluh) tahun pengalaman kerja.

Membawa sebuah isu yang biasanya sensitif serta rumit menjadi mudah masyarakat pahami, tentu Politigeek ingin memberikan sumber-sumber yang valid dan mumpuni. Terlebih saat netizen semakin kritis dan terpompa banyak informasi, kanal podcast ini bisa menjadi salah satu sumber yang insightful.

Covid-19 dan Pengaruhnya pada Politik Internasional

Hingga tulisan ini terbit, telah terdapat 3 (tiga) episode yang bisa pendengar nikmati. Episode pembuka memberikan bahasan seputar bagaimana Taiwan secara efektif menangani pandemi Covid-19. Tema ini kami ambil, mengingat saat podcast diluncurkan, pandemi global Covid-19 sedang berada situasi sangat genting di banyak negara. Namun, Taiwan ternyata tidak (lagi) terjadi menghadapi kegawatan ini meski terletak dekat Tiongkok sebagai zona pertama pandemi.

Episode kedua selanjutnya membahas tentang keamanan internasional, masih dalam hubungannya dengan pandemi Covid-19. Bahasan kedua ini memberikan insight tentang bagaimana sebuah isu kesehatan ternyata mempengaruhi perilaku berbagai aktor dalam hubungan / politik internasional; mempengaruhi redefinisi, persepsi, serta perilaku mereka akan keamanan. Pemikiran baru terhadap “keamanan” ber-impact pada banyak sendi kehidupan masyarakat di berbagai negara.

Isu Klasik dalam Hubungan / Politik Internasional

Pada episode ketiga, Politigeek membahas multi-track diplomacy. Salah satu bahasan klasik dalam hubungan / politik internasional ini memberikan gambaran tentang bagaimana interaksi dalam dunia internasional modern, tidak hanya terjadi oleh negara (atau diplomat / duta resmi), tetapi juga segenap unsur lain. Terdapat 9 (sembilan) track yang berkembang dalam interaksi internasional, termasuk kita sebagai masyarakat awam.

Akhir kata, bagi Anda penyuka isu-isu hubungan / politik internasional, here’s a show for you: Politigeek Podcast.

2 thoughts on “Politigeek Podcast: Politik Internasional untuk Awam

  1. Halo, Mas Aseed dan Mas Adit.
    Saya Lili Yunita dari LPEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Saya tertarik dengan bahasan dalam episode ini, karena ada disebutkan “FTA Center” di dalam episode berikut ini.
    https://open.spotify.com/episode/5zBMzQyVETdIXvkenE9BYm
    Kementerian Perdagangan, mempunyai enam unit FTA Center yang dikelola oleh 6 universitas negeri dan pemerintah daerah di wilayah center tersebut berada. Dalam hal ini LPEM FEB UI adalah pengelola FTA Center Jakarta, yang lokasinya di Gedung 1 Kementerian Perdagangan.
    FTA Center secara umum bertugas meningkatkan pemahaman publik dan pelaku usaha terkait perjanjian perdagangan internasional yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Dengan pemahaman yang tepat, publik dan pelaku usaha diharapkan mampu mengoptimalkan peluang berusaha dari perjanjian tersebut, baik pelaku UKM maupun pelaku usaha besar yang berencana ekspansi ekspor.
    Jika berminat untuk membahas isu ini, Mas Aseed dan Mas Adit bisa kontak kami melalui :
    yunita.lili@gmail.com / ftacenter.jkt@kemendag.go.id
    atau untuk melihat kegiatan kami, bisa check media sosial FTA Center Jakarta.
    Many thanks
    Lili- LPEM FEB UI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *